Cara mengatasi pegal-pegal

Nyeri otot dan pegal linu ini biasanya disebabkan ketegangan yang terjadi pada otot. Hal itu menyebabkan cedera pada otot atau tendon. Dengan aktivitas harian yang padat, kadang kita juga tidak sengaja melakukan kerja, gerakan, atau posisi yang menyebabkan otot tertarik atau terlalu capek.

Penyebab pegal linu:

  • Duduk di perjalanan panjang atau terlalu lama di depan komputer, menyebabkan kaki dan pinggang terasa pegal dan nyeri. Penyebabnya pinggul terlalu lama menahan tubuh bagian atas dan kaki berada dalam posisi sama terlalu lama. Usahakan mengubah posisi duduk dengan menyandarkan tubuh, meluruskan kaki, atau sesekali berdiri dan berjalan untuk mengambil sesuatu.pegal 2
  • Begadang bisa menyebabkan leher terasa tegang dan kaku. Usahakan tidur tidak terlalu pagi dan cukupi kebutuhan istirahat sebanyak delapan jam setiap hari.
  • Tidur dengan posisi bantal sangat tinggi dan posisi yang salah bisa menyebabkan leher terasa pegal dan kaku karena aliran darah ke kepala tidak lancar.
  • Olahraga berguna untuk meregangkan otot dan melumasi setiap sendi sehingga Anda bisa bergerak leluasa dan ringan. Sebaliknya, ketika Anda jarang atau tidak pernah berolahraga, ibarat besi berkarat, tubuh mudah nyeri dan pegal. Namun, olahraga berlebihan juga tidak baik bagi tubuh, karena otot bisa “robek”.
  • Jika aktivitas sehari-hari terlalu banyak menggunakan tangan, selain kaku, tangan juga kerap kali kesemutan. Misalnya, terlalu sering memencet keypad smartphone atau mengiris bumbu. Solusinya, berikan “jam bebas” pada tangan sehingga bisa beristirahat.
  • Terlalu lama berada di area berpendingin ruangan bisa memunculkan rasa lelah dan pegal. Karenanya sempatkan untuk ke luar sebentar dan berjemur ke tempat yang terkena sinar matahari.
  • Saat Anda pergi beraktivitas, jangan memasukkan semua barang bawaan Anda dalam satu tas, termasuk laptop. Taruhlah laptop di tas terpisah, agar beban tidak bertumpu pada satu lengan saja. Ingat, beban yang terlalu berat bisa memicu pegal.

Cara Mengatasi:

Mengompres dengan es. Rajin-rajinlah mengompres bagian yang sakit dengan batu es. Awalnya tentu akan terasa dingin dan beku, namun efektif mengurangi rasa nyeri dan bengkak.

Bawang putih. Rempah yang sau ini memiliki zat antiperadangan yang berguna untuk mengatasi arthritis dan rematik. Caranya dengan mengoleskan bawang pada bagian yang terasa sakit.

Minyak cengkeh. Oleskan minyak cengkeh pada bagian tubuh yang nyeri, untuk mengatasi rasa sakit. Sebelumnya, dianjurkan untuk memanaskan minyak terlebih dahulu, tunggu hingga mendingin, lalu dioleskan di tempat yang sakit.

Susu. Perangi dan cegah sakit otot dengan kalsium. Minumlah 3 gelas susu per hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.pegal

Pisang. Jika penyebab sakit otot Anda adalah kram, makanlah pisang dua buah per hari. Pisang mengandung banyak potasium yang baik untuk mengatasi ketegangan pada otot.

Garam Inggris. Rendam kaki Anda dalam larutan garam inggris yang sangat kaya akan magnesium. Selain cepat terserap dalam kulit, berefek cepat unuk mengurangi rasa pegal-pegal dan pembengkakan di kaki.

Rosemary. Untuk mengurangi pembengkakan pada sakit otot, gunakan daun rosemary. Daun rosemary segar dan kering mengandung empat antiperadangan yang meredakan sakit pada otot dan mempercepat penyembuhan. Anda bisa mengunakan daun rosemary yang telah dicampur air mendidih sebagai pembilas atau pencuci kaki yang sangat cepat terserap lewat kulit.

Peregangan. Perangi kaki pegal dengan melatih otot. Pemanasan dan peregangan yang baik bisa dilakukan dengan jalan kaki selama 20 menit.

Source:  http://dechacare.com/Tips-Mengatasi-Pegal-Linu-Dengan-Cara-Alami-I1287-1.html

http://www.carahidupsehatalami.info/penyebab-dan-cara-mengatasi-badan-pegal-linu/

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s